Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan Di Banjarbaru

Larasati Mey Sandi,Yenny (2013) Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan Di Banjarbaru. Skripsi Keperatan Fak Kesehatan Jur.S1 Keperawatan.

[img] Other
SKRIPSI YENNY LARASATI MEY SANDI.rar

Download (179kB)

Abstract

: Populasi lansia semakin meningkat dan sebagian lansia tidak mendapat dukungan sosial dari keluarganya, mereka merasa terisolasi, tidak dicintai, tidak bahagia. Perasaan tersebut dapat menyebabkan depresi yang merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang sering terjadi pada lansia. Tujuan: Untuk menganalisis hubungan terhadap tingkat depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari 51 lansia dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner modifikasi dan kuesioner Skala Depresi Geriatrik. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan korelasi Spearman Rank dengan nilai signifikansi p≤α (0,001 ≤ 0,05). Hasil: Dukungan sosial keluarga memiliki hubungan terhadap tingkat depresi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru dengan nilai signifikansi p=0,001 (0,001 ≤ 0,05) dan nilai koefisien korelasi = -0,433. Kesimpulan: Dukungan sosial keluarga memiliki hubungan terhadap tingkat depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru. Kata kunci : dukungan sosial keluarga, tingkat depresi.

Item Type: Skripsi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Pengguna Penyetoran: Unit Perpustakaan UNISM
Tanggal Setoran: 08 May 2019 06:39
Last Modified: 08 May 2019 06:39
URI: http://repository.unism.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item