Hubungan Komunikasi Terapeutek Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin tahun 2013 .

Sudarto (2013) Hubungan Komunikasi Terapeutek Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin tahun 2013 . Skripsi Keperatan Fak Kesehatan Jur.S1 Keperawatan.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

pembedahan adalah tindakan salah satu pengobatan dengan penyembuhan penyakit dengan cara memotong mengiris anggota tubuh yang sakit.pembedahan akan menimbulkan respon pisikologis yaitu kecemasan. untuk mengurangi kecemasan dapat diatasi dengan komunikasi terapeutik. Tujuan : Mengetahui Hubungan komunikasi terapeutek perawat terhadap tingkat kecemasan pasien pre operasi di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin2013 Metode: penelitian ini adalah menggunakan survey analitik,dengan rancangan cross sectional. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling.populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien pre operasi mayor sebanyak110 orang yang terencana di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasi 2013 Hasil: hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi terapeutik perawat di Rumah Sakit sari Mulia Banjarmasin adalah rata –rata cukup baik, yaitu sebanyak 71 orang (64,5%). Sedangkan kecemasan pasien pre operasi di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin adalah sebanyak diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki kecemasan dengan kategori berat, yaitu sebanyak 73 orang (66,4%). Sedangkan responden yang memiliki kecemasan dengan kategori sedang adalah sebanyak 21 orang (19,1%), kategori berat sekali adalah sebanyak 10 orang (9,1%), dan kategori tingan adalah sebanyak 6 orang (5,5%) Kesimpulan:Secara statistik didapatkan adanya hubungan yang bermakna antaran Hubungan Komunikasi Terapeutek Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Diharapkan dapat memberikan arahan kepada perawat dalam melaksanakan tugas keperawatan, yaitu dengan mempelajari, mengembangkan dan menerapkan teknik-teknik pemberian komunikasi terapeutik pada pasien yang mengalami kecemasan dalam menghadapi proses perawatan di Rumah Sakit khususnya dalam pelaksanaan operasi. Kata kunci : komunikasi tingkat kecemasan pasien pre operasi Keterangan : 1. Mahasiswa program studi ilmu keperawatan,sekolah tinggi ilmu kesehatan Sari Mulia Banjarmasin 2. Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sari Mulia Banjarmasin 3. Dosen Politeknik Kesehatan Banjarmasin ABSTRAK

Item Type: Skripsi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Pengguna Penyetoran: Unit Perpustakaan UNISM
Tanggal Setoran: 08 May 2019 03:40
Last Modified: 08 May 2019 03:40
URI: http://repository.unism.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item