Hubungan pengetahuan, sikap dan motivasi dengan perilaku Hand hygiene perawat di ruang rawat inap Rumah sakit sari mulia banjarmasin

Rusidaliyani (2013) Hubungan pengetahuan, sikap dan motivasi dengan perilaku Hand hygiene perawat di ruang rawat inap Rumah sakit sari mulia banjarmasin. Skripsi Keperatan Fak Kesehatan Jur.S1 Keperawatan.

[img] Text
SKRIPSI RUSIDALIYANI.pdf

Download (1MB)
: 2013

Abstract

Hand hygiene tindakan yang paling penting untuk pencegahan infeksi terkait perawatan kesehatan (HAIs). Fenomena di lapangan, kepatuhan hand hygiene pada petugas kesehatan masih rendah. Strategi untuk meningkatkan kepatuhan hand hygiene dengan pentingnya memahami dinamika perubahan perilaku (Whitby et al. 2007). Metode: Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Tempat penelitian di ruang rawat inap pada minggu ketiga bulan Juli sampai minggu ketiga bulan September 2013. Sampel penelitian adalah perawat yang bertugas di ruang rawat inap, yang diambil secara acak (simple random sampling), sesuai dengan kriteria inklusi, yaitu 93 perawat, Instrumen yang digunakan dengan kuesioner dan lembar observasi hand hygiene. Analisis data menggunakan rank spearman dengan signifikan nilai α 0,05. Hasil: Hasil menunjukkan pengetahuan (p = 0,012; α 0,05), sikap (p = 0,004; α 0,05), motivasi (p = 0,002; α 0,05) berhubungan secara signifikan dengan perilaku hand hygiene perawat. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap, dan motivasi berhubungan dengan perilaku hand hygiene perawat. penelitian selanjutnya direkomendasikan dan diinformasikan ke Rumah Sakit Sari Mulia tentang faktor-faktor lain yang berhubungan dengan perilaku hand hygiene perawat yang berguna untuk meningkatkan perilaku hand hygiene. Kata kunci: Pengetahuan, sikap, motivasi, perilaku hand hygiene 1Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Sari Mulia Banjarmasin. 2Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Sari Mulia Banjarmasin. 3Fungsional Perawat RS. DR. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Pengguna Penyetoran: Unit Perpustakaan UNISM
Tanggal Setoran: 08 May 2019 00:37
Last Modified: 08 May 2019 00:37
URI: http://repository.unism.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item