Efektivitas pemberian kombinasi mgso4 dan nifedipine pada ibu nifas dengan preeklampsia di rsud dr. H. Moch ansari saleh banjarmasin tahun 2017

Penia Fransiska, Yona (2018) Efektivitas pemberian kombinasi mgso4 dan nifedipine pada ibu nifas dengan preeklampsia di rsud dr. H. Moch ansari saleh banjarmasin tahun 2017. Kti.Fak:Kesehatan Jur : d3 Kebidanan.

[img]
Preview
Text
COVER KTI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (62kB)
[img] Other
KARYA TULIS ILMIAH.rar

Download (95kB)

Abstract

Preeklamsia adalah komplikasi dalam kehamilan yang ditandai dengan hipertensi, protein urine dan odema.Terapi utama preeklampsia yang selalu diberikan sebagai pilihat utama adalah Magnesium sulfat sebagai antikonvulsan dan nifedipine sebagai antihipertensi. Penyabab utama kematian ibu di Indonesia salah satunya adalah preeklampsia/eklampsia yaitu berada di urutan kedua (17 %), sedangkan di Kalimantan selatan menduduki urutan pertama (47,2 %) penyebab kematian ibu. Data ibu nifas dengan preeklampsia di RSUD dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin tahun 2017 sebanyak 374 orang. Tujuan: Mengetahui efektivitas pemberian kombinasi MgSO4 dan nifedipine pada ibu nifas dengan preeklampsia di RSUD Dr. Moch. Anshari Saleh Banjarmasin Tahun 2017. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Ekperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh ibu nifas dengan preeklampsia yang dirawat inap di RSUD DR. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin pada tahun 2017 sebanyak 374 orang Sampel berjumlah 80 orang, diambil dengan teknik Quota Sampling. Jenis data yang diambil adalah data sekunder yaitu dari rekam medis pasien. Hasil: Dari 80 orang ibu nifas dengan preeklampsia ada 71 orang yang tidak mengalami kejang dan 68 orang yang mengalami penurunan tekanan darah ke keadaan normal setelah diberikan kombinasi MgSO4 dan nifedipine pada ibu nifas dengan preeklampsia RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin, Simpulan: ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan kombinasi MgSO4 nifedipine pada ibu nifas dengan preeklampsia. Kata Kunci: Efektivitas, Kejang, Preeklampsia, MgSO4, Nifedipine, Tekanan Darah.

Item Type: KTI DIII Kebidanan Sari Mulia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Pengguna Penyetoran: Unit Perpustakaan UNISM
Tanggal Setoran: 05 Apr 2019 06:15
Last Modified: 05 Apr 2019 06:15
URI: http://repository.unism.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item