Nirma gustiana Nim s.15.1557 Karakteristik akseptor kb aktif dalam Penggunaan kontrasepsi suntik 3 bulan Di puskesmas pekauman banjarmasin

gustiana, Nirma (2018) Nirma gustiana Nim s.15.1557 Karakteristik akseptor kb aktif dalam Penggunaan kontrasepsi suntik 3 bulan Di puskesmas pekauman banjarmasin. KTI Akademi Kebidanan Sari Mulia.

[img]
Preview
Text
COVER NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
naskah pix.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 pic.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 pix.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3pix.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 - 5 pix.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dafus bru pix.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Kontrasepsi merupakan metode yang bertujuan untuk menghindari atau mencegah terjadinya kehamilan. Kontrasepsi yang paling banyak digunakan oleh akseptor di kota Banjarmasin adalah kontrasepsi suntik 3 bulan. Penggunaan kontrasepsi suntik dapat berkaitan dengan usia, paritas, pekerjaan dan tingkat pendidikan akseptor. Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan dari hasil tanya jawab dengan 2 akseptor di dapatkan bahwa karaktreristik akseptor itu sendiri berbeda-beda berdasarkan usia, paritas, pekerjaan dan tingkat pendidikan. Tujuan: Mengetahui karakteristik akseptor KB aktif dalam penggunaan kontrasepsi suntik 3 bulan di Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Metode: Jenis penelitian deskriptif. Populasi adalah seluruh akseptor KB aktif kontrasepsi suntik 3 bulan di Puskesmas Pekauman Banjarmasin berjumlah 521 orang. Sampel berjumlah 30 orang dan teknik pengambilan accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisa univariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa akseptor KB suntik di Puskesmas Pekauman sebagian besar memiliki usia yang tidak berisiko (21-35 tahun) yaitu berjumlah 18 orang (60%). Sebagian besar memiliki status paritas primipara yaitu berjumlah 16 orang (53,3%), sebagian besar tidak bekerja yaitu berjumlah 25 orang (83,3%), akseptor KB suntik sebagian besar memiliki tingkat pendidikan dasar (SD-SMP) yaitu berjumlah 20 orang (66,7%). Simpulan: Puskemas Pekauman disarankan untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang penggunaan kontrasepsi yang sesuai dengan karakteristik akseptor. Kata kunci: Karakteristik, Kontrasepsi, Suntik 3 Bulan.

Item Type: KTI DIII Kebidanan Sari Mulia
Kata Kunci Tidak Terkontrol: Karakteristik, Kontrasepsi, Suntik 3 Bulan.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Pengguna Penyetoran: Unit Perpustakaan UNISM
Tanggal Setoran: 05 Nov 2018 02:15
Last Modified: 05 Nov 2018 02:15
URI: http://repository.unism.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item